Sabtu, 28 Maret 2015

TUGAS 1 bahasa indonesia

TUGAS 1

1. Jelaskan definisi karya akademik dan berikan contohnya dalam bentuk paragraf
2. Jelaskan perbedaan karya akademik dan non akademik. Berikan contoh masing-masing yang membedakan kedua bentuk karya diatas.
3. Setiap penulis karya akademik perlu berefleksi tentang pembacanya, yaitu :
a. Siapa yang membaca karyanya?
b. Bagaimana cara mengekspresikan gagasannya?
c. Seberapa banyak teks yang perlu ditulis?
Dari ketiga komponen diats, jelaskan masing-masing komponen tersebut menurut versi kalian masing-masing.


jawab :
1.      Eko Susilo, M. 1995:11
Pengertian karangan atau karya akademik , yaitu: Suatu tulisan yang dibuat dari oleh seseorng atau kelompok dari suatu hasil penelitian, pengamatan dengan menggunakan cara tertentu yang teratur secara sistematis dan harus dapa dipertanggung jawabkan kebenarannya.
Contoh karya akademik : Makalah, Laporan Penelitian, Kertas Kerja, Skripsi, Tesis dan Disertasi

2.      Karya akademik yang penulisan dijalankan secara ilmiah atau saintifik. Dengan mengkaji secara teratur dan teliti suatu persoalan. Dan penulisan akademik berbeda dari kaedah-kaedah penulisannya seperti, penulisan novel yang berasaskan khayalan atau rekaan dan generalisasi daripada pengalaman. Kaedah saintisfik berasaskan kepercayaan bahwa dimana suatu fenomena memiliki keterangan-keterangan tertentu, yaitu tiap-tiap kesan mempunyai sebab. Kaedah ini berasaskan idea bahwa kesimpulan hanya boleh diterima bila diikuti dengan bukti. Seorang penulis akademik harus mengumpulkan data secara objektif, tidak berat sebelah dalam mengumpulkan data yang disertai kebenaran hipotesis dan mengabaikan yang tidak mengikuti kehendak pribadi penyelidik. Untuk menjadikan pengetahuan biasa menjadi pengetahuan ilmiah (Sains), kita harus melalui jalan yang panjang. Karya non akademik bersifat teotif, persuasif, deskriptif dan jika kritik adakalanya tanpa dukungan bukti.
3.       a. Siapa yang membacanya
pembaca dari karya akademik adalah penulis sendiri, masyarakat dan orang-orang yang membutuhkan informasi atau Sebagai bahan acuan atau penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya
b. bagaimana cara mengekspresikan gagasannya
penulis menyampaikan gagasannya dengan bahasa yang mudah dipahami oleh para pembaca dan semoga pembaca mengerti apa yang penulis tulis.

c. Seberapa banyak teks yang perlu ditulis
untuk karya ilmiah teks yang ditulis harus sesuai dengan data yang di dapatkan baik itu secara primer maupun sekunder dan banyaknya teks juga disesuaikan dengan kerangka karya akademik.

0 komentar:

Posting Komentar