Evaluasi Keberhasilan Koperasi
dilihat dari Sisi Anggota
A. Efek-efek
Ekonomis Koperasi
Salah satu hubungan yang penting yang harus dilakukan koperasi
adalah dengan para anggotanya , yang kedudukannya sebagai pemilik sekaligus
pengguna jasa koperasi. Motovasi ekonomi anggota sebagai pemilik akan mempersoalkan dana (simpanan-simpanan0
yang telat diserahkannya, apakah menguntungkan atau tidak. Sedangkan anggota
sebagai pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadan kebutuhan barang dan
jasa, menguntungkan atau tidaknya pelayanan koperasi dibandingkan penjual atau
pembeli diluar koperasi.
Pada dasarnya anggota akan bepartisipasi dalam kegiatan pelayanan
perusahaan koperasi :
Jika kegiatan tersebut sesuai
dengan kebutuhan :
Jika pelayanan tersebut
ditawarkan dengan harga, mutu atau syrat-syarat yang lebih menguntungkan
disbanding yang diperolehnya dari pihak-pihak lain diluar koperasi \
B. Efek Harga dan Efek Biaya
Pertisipasi anggota
menentukan keberhasilan koperasi. Sedangkan tingkat partisipasi anggota dipengaruhi
oleh beberapa factor yaitu besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara
utilitarian maupun normative . motivasi utilitarian maupun normatif. Motivasi
utilitari sejalan dengan
kemanfaatan ekonomis. Kemanfaatan ekonomis yang di maksud adalah insetif berupa
pelayanan barang – jasa oleh perusahaan koperasi yang efisien atau adanya
pengurangan biaya dan atau diperolehnya harga yang menguntungkan serta
penerimaan bagian dari keuntungan (SHU) baik secara tunai maupun dalam bentuk
barang.
Bila dilihat dari peranan
anggota dalam koperasi yang begitu dominan, maka setiap harga yang ditetapkan
koperasi harus dibedakan antara harga anggota dengan harga non anggota.
Perbedaan ini mengharuskan daya analisis yang lebih tajam ddalam melihat
peranan koperasi dalam pasar yang bersaing.
C. Analisis Hubungan Efek Ekonomis dan Keberhasilan Koperasi
Dalam badan usaha koperasi,
laba bukanlah satu-satunya yang dikejar oleh manajemen, melainkan aspek
pelayanan (benefit oriented). Di tinjau dari konsep koperasi, fungsi laba bagi
koperasi tergantung pada besar kecilnya partisipasi ataupun transaksi anggota
dengan kopersinya. Semakin tinggi partisipasi anggota, maka idealnya semakin
tinggi manfaat yang diterima oleh anggota.
Keberhasilan koperasi
ditentukan oleh salah satu faktornya adalah partisipasi anggota dan partisipasi
anggota sangat berhubungan erat dengan efek ekonomis koperasi yaitu manfaat
yang didapat oleh anggota tersebut
D. Penyajian dan Analisis
Neraca Pelayanan
Disebabkan oleh perubahan
kebutuhan dari para anggota dan perubahan lingkungan koperasi, terutama
tantangan-tantangan kompetitif, pelayanan koperasi terhadap anggota harus
secara kontinyu di sesuaikan
Ada dua faktor utama yang
mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotanya, yaitu:
Adanya tekanan persaingan
dari anggota lain (terutama organisasi non koperasi)
Perubahan kebutuhan manusia
sebagai akibat perubahan waktu dan peradaban. Perubahan kebutuhan ini akan
menentukan kebutuhan pola kebutuhan anggota dalam mengkonsumsi produk-produk
yang ditawarkan koperasi
Bila koperasi mampu
memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan anggota yang lebih besar dari
pada pesaingnya, maka tingkat partisipasi anggota terhadap koperasinya akan
meningkat. Untuk meningkatkan peayanan, koperasi membutuhkan
informasi-informasi yang datang terutama dari anggota koperasi.
0 komentar:
Posting Komentar