This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

TENTANG SAYA

Nama Saya Adalah Malla Rohima. Terimakasih telah mengunungi blog ini :)

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Minggu, 03 Mei 2015

Peranan Perempuan dalam Pembangunan Infrastruktur

Nama                  : Mala Rohima Nursalami
Npm                    : 14212397
Kelas                   : 3ea06

Kota Metro, 5 Februari 2015
Oleh :  Susantie, ST.
Peranan Perempuan dalam Pembangunan Infrastruktur

Pembangunan infrastruktur khususnya di perkotaan harus terus menerus dilakukan, hal ini berkaitan dengan adanya hubungan antara pertumbuhan ekonomi, sosial, dan budaya suatu daerah dengan kondisi infrastrukturnya. Di era modernisasi, dengan meningkatnya kompleksitas kehidupan masyarakat perkotaan yang menyangkut berbagai aspek, yang meliputi ekonomi, industri, sosial, budaya dan sebagainya telah mengalami proses transformasi dan perubahan yang terjadi secara alami sebagai dampak dari adanya pembangunan, salah satunya adalah pembangunan infrastruktur perkotaan.
Sebagaimana dikemukakan oleh para ahli, pembangunan adalah suatu proses perubahan yang dilakukan melalui upaya–upaya secara sadar dan terencana. Sedangkan Infrastruktur diartikan sebagai segala struktur yang berwujud fisik yang digunakan untuk menopang keberjalanan kegiatan masyarakat sehingga dapat menekan inefisiensi dari aktivitas masyarakat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Sehingga, dapat dikatakan bahwa pembangunan infrastruktur adalah suatu proses perubahan yang dilakukan melalui upaya-upaya secara sadar dan terencana terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan prasarana fisik/struktur yang digunakan untuk menopang aktivitas masyarakat. Infrastruktur dapat dibedakan menjadi infrastruktur jalan dan jembatan, infrastruktur gedung dan perumahan dan infrastruktur sumber daya air.
Sejak lama, pembangunan infrastruktur didominasi oleh dunia laki-laki. Hal ini terkait pandangan masyarakat bahwa pembangunan infrastruktur berhubungan dengan pekerjaan kasar, buruh bangunan atau kuli bangunan. Dengan semakin berkembangnya dunia pendidikan di Indonesia, semakin banyak perempuan yang menggeluti pendidikan tinggi di bidang Arsitektur dan Teknik Sipil, sehingga pandangan masyarakat bergeser dan mulai memahami bahwa suatu bangunan tidak mengalami proses pembangunannya saja, tetapi mulai dari proses perencanaan desain gambar rencana, Rencana Anggaran Biaya, time schedule, dan lain sebagainya hingga sampai pada proses pengawasan, monitoring dan evaluasi.
Di sinilah perempuan mengambil peranan penting. Sebagai contoh instansi tempat penulis bekerja, sebelum suatu bangunan dikerjakan, apakah itu bangunan jalan, jembatan, gedung, saluran irigasi atau bangunan lain, proses awal dari semua ini adalah kegiatan survey lokasi kegiatan. Survey ini dilakukan untuk mengetahui tempat lokasi bangunan yang akan dibangun, di jalan apa, RT/RW berapa, kelurahannya, sebagai contoh saluran irigasi, para surveyor perempuan terjun langsung ke lapangan mengukur berapa panjang saluran irigasi yang akan dibangun, berapa dalamnya, lebar bangunan yang dibutuhkan, bagaimana peta situasi lokasi apakah dekat atau jauh dari jalan raya sehingga membutuhkan mobilisasi alat dan bahan bangunan, apakah terdapat galian atau timbunan yang harus dikerjakan atau tidak dan lain sebagainya.
Setelah survey awal dilaksanakan, kemudian dilanjutkan dengan perhitungan Harga Perkiraan Sendiri. Harga Perkiraan Sendiri inilah yang dipakai sebagai acuan pengajuan Rencana Kerja Anggaran untuk disepakati bersama oleh eksekutif dan legislatif. Setelah Anggaran disetujui oleh pihak legislatif bukan berarti peranan perempuan berhenti sampai di sini. Para perempuan di instansi ini akan turut serta bersama rekan kerjanya yang laki-laki untuk memeriksa dan mengasistensi gambar, Engineers Estimate, Rencana Kerja dan Syarat yang dibuat oleh konsultan perencana.
Jika pekerjaan pembangunan telah mulai dilaksanakan, beberapa perempuan di instansi ini akan memulai pekerjaannya sebagai pengawas lapangan, di sini perempuan-perempuan ini akan berbaur dengan buruh bangunan, tukang, dan hiruk pikuk pembangunan konstruksi bangunan. Selain turun langsung untuk mengawasi dan memberi arahan kerja pada para pekerja perusahaan penyedia barang/jasa (kontraktor), para perempuan ini juga memegang peran sebagai wakil pemilik pekerjaan (owner), mereka akan menegur kontraktor yang tidak mengindahkan Rencana Kerja dan Syarat serta kontrak yang telah disepakati, jika teguran mereka tidak diindahkan oleh kontraktor maka akan dibuat laporan tertulis kepada atasan mereka untuk kemudian ditindaklanjuti lebih lanjut.
Selain sebagai pengawas lapangan, peranan perempuan dalam pembangunan infrastruktur ini juga meliputi sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan dan terlibat dalam Panitia Penerima Hasil Pekerjaan. Seringkali dalam melaksanakan tugas, para perempuan ini mengalami pengalaman buruk, seperti dibentak oleh pekerja kontraktor, di marahi oleh penduduk sekitar lokasi pembangunan karena dianggap lalai dalam tugasnya, dan masih banyak lagi. Namun dengan sisi-sisi kefemininan mereka sebagai perempuan mereka dapat melewati rintangan tersebut. Mereka tak kalah berani dan mampu secara teknis bahkan harus diakui terkadang dari segi ketelitian perempuan jauh lebih unggul dibanding pria.
Selain berkiprah pada instansi pemerintah, banyak juga perempuan yang bekerja sebagai penyedia barang dan jasa, seperti halnya kontraktor atau pun konsultan perencana/pengawas. Mereka cukup profesional dibidangnya. Para kontraktor / konsultan perempuan ini tak kalah gesit dan tegas dalam memimpin pelaksanaan suatu proyek pembangunan infrastruktur atau jasa konsultansi lainnya. Pekerjaan yang cukup berat, bukan penghalang bagi perempuan.
Bagaimana peran perempuan dalam PNPM Mandiri Perkotaan Kota Metro khususnya untuk pembanguan infrastruktur. Peluang  Keterlibatan perempuan dalam program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM) sangatlah besar,memang membutuhkan proses yang sangat panjang, pada awalnya sangat sulit mengikutsertakan perempuan dengan segala kerbatasannya, tetapi sering waktu perempuan dapat menyadari posisinya dalam pembangunan terutama  dalam kegiatan infrastruktur.
Di PNPM Mandiri Perkotaan prosentase keterlibatan perempuan cukup tinggi, baik dari sesi perencanaan sampai pada sisi pelaksanan kegiatan. Ditingkat RT/RW mereka terlibat dalam musyawarah untuk menentukan kegiatan apa yang akan menjadi prioritas utama di RT/RW tersebut, dalam pengambilan keputusan ditingkat kelurahan, banyak perempuan yang duduk di lembaga keswadayaan masyarakat (LKM) baik sebagai kordinator ataupun anggota, dimana setiap keputusan layak atau tidaknya kegiatan infrastruktur mereka ikut memutuskannya.
Pada saat pelaksanaan kegiatan keterlibatan perempuan lebih pada penyiapan komsumsi dan manajemen keuangannya, di titik akhir  yaitu pada pemeliharaan hasil pembangunan keterlibatan perempuan lebih dominan untuk menjaga agar apa yang sudah dibangun tetap terawat dan terjaga dengan baik sehingga proses pembangunan dapat berjalan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.  Mereka pun bisa sama dengan para laki-laki dalam memberi kontribusi pada pembangunan bangsa ini, khususnya pembangunan infrastruktur. Majulah Kartini-Kartini Indonesia! [PL-Lampung]

Hasil Kajian    :
Terdapat beberapa pengulangan kata yang dianalisis dalam artikel ini, berikut beberapa pengulangan kata yang saya :
Hasil kajian

1.         Perempuan 24 kali pengulangan dalam artikel. Perempuan didefinisikan sebagai seorang perempuan dalam kepemimpinan terutama dalam pembangunan sekarang ini sangat dibutuhkan dalam segi pemikiran dan kreasi untuk mengembangkan dalam mewujudkan tujuan.
            Contoh : Di sinilah perempuan mengambil peranan penting. Sebagai contoh instansi tempat penulis bekerja, sebelum suatu bangunan dikerjakan
2.         Pembangunan 16 kali pengulangan dalam artikel. Pembangunan didefinisikan  sebagai infrastruktur pembangunan prasarana,  politik pembangunan yg mengarah kepada keinginan perasaan  arti warga negara aktif atau terlibat dalam berbagai kegiatan politik.
            Contoh            : Mereka pun bisa sama dengan para laki-laki dalam memberi kontribusi pada pembangunan bangsa ini, khususnya pembangunan infrastruktur
3.         Infrastruktur 14 kali pengulangan dalam artikel. infrastruktur didefinisikan sebagai kebutuhan dasar fisik pengorganisasian sistem struktur yang diperlukan untuk jaminan ekonomi sektor publik dan sektor privat  sebagai layanan dan fasilitas yang diperlukan  agar perekonomian dapat berfungsi dengan baik.
              Contoh : . Para kontraktor / konsultan perempuan ini tak kalah gesit dan tegas dalam memimpin pelaksanaan suatu proyek pembangunan infrastruktur atau jasa konsultansi lainnya.
4.           kontraktor  6 kali pengulangan dalam artikel. kontraktor didefinisikan sebagai sebuah badan/lembaga/orang yang mengupayakan atau melakukan aktifitas pengadaan baik berupa barang maupun jasa yang dibayar dengan nilai kontrak yang telah disepakati.
              Contoh : Selain turun langsung untuk mengawasi dan memberi arahan kerja pada para pekerja perusahaan penyedia barang/jasa (kontraktor)
5.           Instansi 4 kali pengulangan dalam artikel. Instansi didefinisikan sebagai badan pemerintah umum (spt jawatan, kantor): kejadian (pelanggaran, penemuan, dsb) itu harus secepat-nya dilaporkan kpd -- yg berwenang.

              Contoh :  Jika pekerjaan pembangunan telah mulai dilaksanakan, beberapa perempuan di instansi ini akan memulai pekerjaannya sebagai pengawas lapangan

Sabtu, 28 Maret 2015

Tugas 2 Peramalan (forecasting)

Peramalan (forecasting)

Dalam dunia usaha sangat penting diperlukan hal-hal yang terjadi dimasa depan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. Forecasting dapat diartikan sebagai kegiatan analisis untuk memperkirakan besarnya (magnitude) dan arah (direction) perubahan suatu variable ekonomi bisnis dimasa datang berdasarkan past data dan present data. Nasution dan Prasetyawan (2008 : 29) mendefinisikan peramalan adalah proses untuk   memperkirakan   beberapa   kebutuhan   dimasa   datang   yang   meliputi kebutuhan dalam ukuran kuantitas, kualitas, waktu dan lokasi yang dibutuhkan dalam rangka memenuhi permintaan barang ataupun jasa.. Menurut Gaspersz (2005   :   72)   mendefinisikan   peramalan   merupakan   suatu   dugaan terhadap  permintaan   yang   akan  datang   berdasarkan   pada  beberapa  variabel peramal, sering berdasarkan data deret waktu historis.
Dalam perenanaan disuatu instansi baik dipemerintah maupun swasta peramalan merupakan kebutuhan yang sangat mendasar. Dimana baik maupun buruknya ramalan dapat mempengaruhi seluruh bagian isntansi karena waktu tenggang untuk pengambilan keputusan dapat berkisar beberapa tahun. Peramalan merupakan alat bantu yang penting alam perenanaan yang efektif dan efisien.  
Kegunaan dari suatu peramalan dapat dilihat pada saat pengambilan keputusan. Keputusan yang baik aalah keputusan yang iasarkan paa pertimbangan apa yang terjai saat keputusan tersebut ilakukan. Apabila keputusan yang iambil kurang tepat sebaiknya keputusan tersebut tiak dilaksanakan. Pengambilan keputusan merupakan masalah yang selalu dihadapi maka peramalan juga merupakam masalah yang selalu dihadapi maka permalan juga merupakan masalah yang selalu dihadapi karena peramalan berkaitan erat dengan pengambilan suatu keputusan.
Jadi kesimpulannya baik atau tidaknya suatu peramalan yang disusun, ditentukan oleh metode, informasi maupun data yang digunakan atau pun ketepatan ramalan yang dibuat. Apabila data yang digunakan tidak dapat meyakinkan maka hasil peramalan yang disusun juga akan sukar dipercaya ketepatannya. Oleh karena itu, ketepatan dari ramalan tersebut merupakan hal yang sangat penting. Walaupun demikian perlu disadari bahwa suatu ramalan adalah tetap ramalan , dimana selalu ada unsur kesalahannya. Sehingga yang penting diperhatikan adalah usaha untuk memperkecil kesalahan tersebut.


Daftar Pustaka
Gaspersz,   Vincent,  2005  “Production   Planning   and   Inventory   Control”, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Michael, Tekla lorentina, etc, 2014 ”Modul Manajemen operasional”

Nasution,   Hakim   dan   Prasetyawan, 2008  ”Perencanaan   dan   Pengendalian Produksi’, Graha Ilmu, Yogyakarta.

TUGAS 1 bahasa indonesia

TUGAS 1

1. Jelaskan definisi karya akademik dan berikan contohnya dalam bentuk paragraf
2. Jelaskan perbedaan karya akademik dan non akademik. Berikan contoh masing-masing yang membedakan kedua bentuk karya diatas.
3. Setiap penulis karya akademik perlu berefleksi tentang pembacanya, yaitu :
a. Siapa yang membaca karyanya?
b. Bagaimana cara mengekspresikan gagasannya?
c. Seberapa banyak teks yang perlu ditulis?
Dari ketiga komponen diats, jelaskan masing-masing komponen tersebut menurut versi kalian masing-masing.


jawab :
1.      Eko Susilo, M. 1995:11
Pengertian karangan atau karya akademik , yaitu: Suatu tulisan yang dibuat dari oleh seseorng atau kelompok dari suatu hasil penelitian, pengamatan dengan menggunakan cara tertentu yang teratur secara sistematis dan harus dapa dipertanggung jawabkan kebenarannya.
Contoh karya akademik : Makalah, Laporan Penelitian, Kertas Kerja, Skripsi, Tesis dan Disertasi

2.      Karya akademik yang penulisan dijalankan secara ilmiah atau saintifik. Dengan mengkaji secara teratur dan teliti suatu persoalan. Dan penulisan akademik berbeda dari kaedah-kaedah penulisannya seperti, penulisan novel yang berasaskan khayalan atau rekaan dan generalisasi daripada pengalaman. Kaedah saintisfik berasaskan kepercayaan bahwa dimana suatu fenomena memiliki keterangan-keterangan tertentu, yaitu tiap-tiap kesan mempunyai sebab. Kaedah ini berasaskan idea bahwa kesimpulan hanya boleh diterima bila diikuti dengan bukti. Seorang penulis akademik harus mengumpulkan data secara objektif, tidak berat sebelah dalam mengumpulkan data yang disertai kebenaran hipotesis dan mengabaikan yang tidak mengikuti kehendak pribadi penyelidik. Untuk menjadikan pengetahuan biasa menjadi pengetahuan ilmiah (Sains), kita harus melalui jalan yang panjang. Karya non akademik bersifat teotif, persuasif, deskriptif dan jika kritik adakalanya tanpa dukungan bukti.
3.       a. Siapa yang membacanya
pembaca dari karya akademik adalah penulis sendiri, masyarakat dan orang-orang yang membutuhkan informasi atau Sebagai bahan acuan atau penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya
b. bagaimana cara mengekspresikan gagasannya
penulis menyampaikan gagasannya dengan bahasa yang mudah dipahami oleh para pembaca dan semoga pembaca mengerti apa yang penulis tulis.

c. Seberapa banyak teks yang perlu ditulis
untuk karya ilmiah teks yang ditulis harus sesuai dengan data yang di dapatkan baik itu secara primer maupun sekunder dan banyaknya teks juga disesuaikan dengan kerangka karya akademik.

Kamis, 30 Oktober 2014

MENGAPA PRODUSEN MELAKUKAN SEGMENTASI PASAR

MENGAPA PRODUSEN MELAKUKAN SEGMENTASI PASAR
BAB 1
PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG
Dalam suatu pasar terdapat produsen dan konsumen yang melakukan jual beli, dan tentunya banyak konsumen yang memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda. Melihat atau mengenal setiap konsumen yang memiliki selera berbeda, maka dari itu seorang produsen haruslah melakukan segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar menjadi kelompok konsumen/pembeli yang berbeda sesuai dengan karakteristik konsumen masing-masing.
Pentingnya segmentasi pasar bagi seorang produsen maupun sebuah perusahaan karena memungkinkan mereka lebih terfokus dalam mengalokasikan sumber daya, merupakan basis untuk menentukan komponen-komponen strategi, taktik dan value secara keseluruhan. Segmentasi yang disertai dengan pemilihan target market akan memberikan suatu acuan dan basisbagi penentuan positionin, dan segmentasi merupakan faktor kunci mengalahkan pesaing.



BAB 2
PEMBAHASAN

A.                APA ITU SEGMENTASI PASAR

Segmentasi Pasar adalah pengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen, dimana tiap kelompok (bagian) dapat dpilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk. Tergantung pada karakteristik khusus dari produk, kelompok ini dapat dibagi dengan kriteria seperti usia dan jenis kelamin, atau perbedaan lain, seperti lokasi atau pendapatan. Kampanye pemasaran dapat dirancang dan dilaksanakan untuk menargetkan segmen pelanggan tertentu.

B.     PRODUK YANG DI SEGMENTASIKAN

Produk Pond’s

Unilever Indonesia beroperasi sejak tahun 1933 dan telah tumbuh menjadi perusahaan penyedia consumer products dengan puluhan merek, salah satunya Pond’s. Pada tahun 2006, perusahaan ini berhasil meraih pertumbuhan laba bersih sebesar 19% atau menjadi Rp 1,7 triliun. Sementara itu, penjualannya tumbuh sebesar 13,4% menjadi Rp 11,3 triliun. Pertumbuhan itu semakin mengukuhkan kekuatan Unilever Indonesia sebagai market leader di consumer product.
Hasil survei yang dilakukan oleh Spire Research & Consulting belum lama ini menunjukkan, remaja berusia 13-18 tahun memang mengetahui dan menyukai Pond’s. Setidaknya, dari 1.000 responden di lima kota besar (Jakarta, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar), sebesar 40%-nya menyatakan mengetahui dan 18%-nya menyukai merek Pond’s.

Menanggapi hasil survei tersebut, manajemen Unilever Indonesia mengungkapkan, sesungguhnya formula Pond’s (pembersih dan pelembab) tepat untuk kulit para remaja dan perempuan Asia, khususnya Indonesia. Format dasar Pond’s White Beauty adalah vanishing base yang mudah menyerap pada kulit. Pond’s mengerti bahwa di negara tropikal seperti Indonesia, kulit cenderung lebih berminyak dibandingkan di negara-negara Eropa atau Amerika. Maka dari itu, Pond’s mengajak remaja putri untuk mulai mengerti pentingnya ritual perawatan kulit. Sebab, apabila terawat sejak dini, kondisi kulit akan tetap prima sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Juga, membantu remaja itu sendiri dalam menggapai cita-cita dan kehidupan sosialnya. Menurut Fiona Anjani Foebe, Senior Brand Manager Pond’s, para remaja putri di masa puber sudah mulai memperhatikan kepentingan merawat diri dan kecantikan, terutama wajah. Karena, kehidupan sosial sangat penting bagi mereka. Kecenderungan itu membuat mereka mencari produk-produk kecantikan yang cocok. Selaku produsen Pond’s, Unilever Indonesia tak mau menyia-nyiakan peluang itu.

“Dari karakter remaja putri yang kami ketahui, kemudian kami menuangkannya menjadi ide komunikasi iklan dan aktivitas-aktivitas lain yang menarik. Contohnya, Pond’s Dream Access,” kata Fiona. Pond’s Dream Access (PDA) yaitu previledge card khusus untuk remaja putri di Bandung, Jawa Barat, yang penuh percaya diri, memiliki pergaulan luas, open-minded, gaya, dan siap untuk eksis. Berdasarkan consumer insight yang digali Unilever Indonesia, ternyata menunjukkan eksistensi diri bagi remaja putri di kota Bandung amat penting. Mereka menyatakan dirinya sosok yang penuh rasa percaya diri, utamanya akan kecantikan yang dimiliki. Mereka juga menikmati kecantikannya tersebut dan berusaha untuk tampil beda agar eksistensinya diakui oleh lingkungan sekitarnya.

C.     SEGMENTASI PASAR

Segmentasi pasar produk ponds adalah produk kecantikan wajah untuk wanita. Ponds mengelompokan konsumennya berdasarkan usia. Awalnya ponds meluncurkan produk berupa facial foam dan moisturizer untuk semua usia. Kemudian ponds melihat kecenderungan bahwa pemakai produk tersebut sebagian besar adalah wanita muda, terutama remaja. Hal ini terbukti dari hasil survei yang dilakukan oleh Spire Research & Consulting belum lama ini menunjukkan, remaja berusia 13-18 tahun memang mengetahui dan menyukai Pond’s.



D.. TARGET PASAR
 Karena kebanyakan remaja Indonesia menginginkan kulit yang putih maka Ponds menargetkan produk ponds white beauty untuk para remaja, khususnya remaja Indoneia yang ingin memiliki kulit cantik dan terlihat putih alami. Penargetan ini dapat kita lihat dari iklan-iklan produk ponds white beauty yang selalu menggunakan bintang-bintang muda seperti gita gutawa dan bintang-bintang lainnya.
Selain itu ponds juga meluncurkan program Pond’s Dream Acces (PDA) untuk para remaja. Program PDA yang diluncurkan pada akhir Juli 2007 ini direncanakan berlangsung satu tahun dengan meluncurkan tiga edisi kartu PDA, yaitu Pink PDA, Green PDA, dan Gold PDA. Pink PDA diperkenalkan sebagai kartu edisi perdana dan pada catur wulan kedua diganti dengan Green PDA, selanjutnya pada catur wulan ketiga diganti menjadi Gold PDA. Pada pertengahan tahun 2008, akan diumumkan siapa yang berhak mendapatkan kesempatan untuk mewujudkan mimpi dan tampil menunjukkan eksistensinya. Para remaja putri pemegang kartu PDA dapat menikmati berbagai diskon harga di merchant-merchant terkemuka, seperti boutique dan distro, kafe, salon, studio foto, atau karaoke. Di akhir ajang tersebut, bagi remaja putri terpilih yang memiliki ketiga kartu PDA akan memperoleh kesempatan mengikuti kelas eksklusif. Di kelas tersebut mereka akan diajarkan menjadi penyanyi, model, atau presenter profesional. Dari masing-masing kelas akan dipilih satu pemenang. Pemenang itu akan mendapatkan kesempatan menjalani impiannya, umpamanya menjadi cover girl majalah, berduet dengan penyanyi terkenal, atau menjadi announcer radio. Mereka juga berkesempatan memenangkan paket liburan impian ke Phuket, Thailand.
Dan bukan cuma itu. In-store activation dan school to school & mall road show (Pond’s White Class & Pond’s Beautylogy) merupakan langkah-langkah lain yang dilakukan Unilever Indonesia untuk lebih mendekatkan merek Pond’s kepada target market-nya. Penyelenggaraannya dibantu oleh para activation agency dengan anggaran yang disesuaikan dengan kebutuhan untuk reaching awareness pada target market tersebut

.
D.    POSITIONING PRODUK di MATA KONSUMEN

Ponds terus berupaya mengembangkan produknya dan menempati hati konsumennya. Saat ini kita mengenal produk Ponds white beauty dengan slogan “putih, merona, bersinar”, ini menunjukkan bahwa ponds memosisikan produk ponds white beauty di konumen sebagai produk kecantikan yang dapat membuat wajah tampak putih alami dan terlihat berseri.
Melalui iklan iklan ponds juga menngambil hati para konsumennya dengan iklan yang mengangkat cerita cinta. Cerita cinta (romance) adalah topik yang sangat relevan terhadap kehidupan remaja. Karena itu, apabila diperhatikan secara saksama, di iklan-iklan Pond’s ada sisipan pesan emosional yang berhubungan dengan romantika atau cinta agar menjadi lebih relevan terhadap audience-nya. Terlebih lagi Pond’s menggunakan konsep iklan berseri pada beberapa tayangan iklannya. Konsep ini justru membuat pemirsa penasaran dengan cerita pada setiap seri iklan tersebut. Dengan persiapan yang matang dalam melakukan promosi tersebut tidak lah mengherankan apabila brand Pond’s akan semakin kokoh di mata masyarakat.

BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Jadi agar segmentasi pasar dapat efektif harus memenuhi ketiga kriteria sebagai berikut : pertama, dapat dijangkau, di sini seorang manajer pemasaran harus melihat berbagai faktor yang dapat menghambat di antaranya : transportasi, luas wilayah, perilaku masyarakat, dsb. Agar segmentasi yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik. Kedua, dapat diukur, karena perilaku pasar pada kenyataannya lebih bersifat heterogen. Maka perlu kita membuat batasan-batasan agar dapat mengukur seberapa besar perbedaaan tiap-tiap pasar. Ketiga, memberikan keuntungan, tujuan utama dari sebuah perusahaan ialah memperoleh laba atau keuntungan. Maka dari itu seorang manjer harus betul-betul merencanakan segmen pasar sehingga dapat memperoleh laba atau keuntungan
Kelompok 2 :
Mala Rohima
Nia Novita
Nini irmiasari
Wulan Vembri


url :

Senin, 30 Juni 2014

Sejarah Jam Gadang Bukittinggi

Sejarah Jam Gadang Bukittinggi

Sejak awal berdirinya, lokasi Jam Gadang merupakan jantung kota Bukittinggi. Bangunan semacam tugu setinggi 26 meter dengan bulatan jam di keempat sisi bagian atasnya ini dibangun pada tahun 1826 sebagai hadiah dari Ratu Belanda kepada Controleur atau Sekretaris Kota Bukittinggi waktu itu, Rook Maker. Jadi, umurnya sudah lebih dari 180 tahun. Pembangunannya diselesaikan oleh arsitek Yazin dan Sutan Gigi Ameh dan biaya pembangunan ‘hadiah’ ini mencapai 3.000 Gulden pada saat itu.
Bentuk atap Jam Gadang telah mengalami tiga kali penyesuaian dari waktu ke waktu. Pada jaman Belanda, atapnya berbentuk bulat dengan patung ayam jantan di atasnya. Pada waktu Jepang berkuasa di tanah air, mereka mengganti bentuk atapnya seperti atap klenteng. Kemudian setelah kemerdekaan diproklamirkan, bentuk atapnya diubah menjadi bergonjong empat seperti atap rumah adat Minangkabau dan bermotifkan pucuk rebung. Bagian atas Jam Gadang ini masih terlihat dari kawasan Jempatan Limpapeh yang berjarak sekitar 1 km dari lokasi.
Bulatan jam yang terletak di bagian atas di keempat sisi tugu ini berdiameter 80 cm dengan latar belakang putih sementara tulisan angka dan jarumnya berwarna hitam. Terdapat keunikan penulisan angka pada Jam Gadang. Angka empat yang seharusnya dilambangkan dengan ‘IV’ dalam bentuk Romawi, dituliskan ‘IIII’.



Jika dikaji apabila terdapat kesalahan membuat angka IV, tentu masih ada kemungkinan dari deretan daftar misteri. Tapi setidaknya hal ini tampaknya perlu dikesampingkan.
Sebagai jam hadiah dari Ratu Belanda kepada controleur (sekretaris kota), dan dibuat ahli jam negeri Paman Sam Amerika, kemungkinan kekeliruan sangat kecil. Tapi biarkan saja misteri tersebut dengan berbagai kerahasiaannya.
Namun yang patut diketahui lagi, mesin Jam Gadang diyakini juga hanya ada dua di dunia. Kembarannya tentu saja yang saat ini terpasang di Big Ben, Inggris. Mesin yang bekerja secara manual tersebut oleh pembuatnya, Forman (seorang bangsawan terkenal) diberi nama Brixlion.
Sekarang balik lagi ke angka Romawi empat, apakah pembuatan angka empat yang aneh itu disengaja oleh pembuatnya, juga tidak ada yang tahu. Tapi yang juga patut dicatat, bahwa Jam Gadang ini peletakan batu pertamanya dilakukan oleh seorang anak berusia enam tahun, putra
pertama Rook Maker yang menjabat controleur Belanda di Bukittinggi ketika itu. Ketika masih dalam masa penjajahan Belanda, bagian puncak Jam Gadang terpasang dengan megahnya patung seekor ayam jantan. Namun saat Belanda kalah dan terjadi pergantian kolonialis di Indonesia kepada Jepang, bagian atas tersebut diganti dengan bentuk klenteng. Lebih jauh lagi ketika masa kemerdekaan, bagian atas klenteng diturunkan diganti gaya atap bagonjong rumah adat Minangkabau.
Jam Gadang yang denah dasarnya berukuran 13×4 meter ini berdiri di atas kawasan Taman Sabai Nan Aluih di depan Istana Bung Hatta. Di kawasan ini ditanam sejumlah pohon sehingga makin terasa rindang. Pemerintah daerah juga melengkapinya dengan kursi-kursi beton untuk bersantai. Taman ini selalu ramai, mulai pagi, siang, sore hingga malam hari. Tua muda selalu memanfaatkan kawasan ini untuk bersantai. Bahkan, banyak orang tua muda membawa putra-putrinya bermain di tempat ini pada sore hari.
Di kawasan ini juga tersedia andong atau sado yang disebut Bendi untuk berkeliling-keliling di kawasan pusat kota. Untuk masyarakat biasa, tarif yang dikenakan biasanya Rp 2.500 jauh dekat. Sementara khusus untuk wisatawan, tarifnya bisa membengkak hingga Rp 25.000-Rp 50.000 sesuai negosiasi.
Di dekatnya, terdapat pula Pasar Atas yang merupakan pusat perdagangan di Bukittinggi. Pasar ini biasanya ramai pada hari Rabu, Sabtu dan Minggu. Berbagai barang dijual di pasar ini, mulai dari sayur dan buah-buahan, pakaian hingga berbagai macam kerajinan tangan berupa tenun, kerajinan perak, hingga kaus dan baju yang menunjukkan citra Minangkabau. Semuanya dijual dengan harga miring.
Di Bukittinggi, banyak sekali obyek wisata yang bisa disambangi. Namun Jam Gadang biasanya menjadi sentra para wisatawan sebelum beranjak ke obyek wisata lainnya. Memilih beberapa penginapan yang berserakan di sekitar kawasan Jam Gadang juga dapat menjadi pilihan jika ingin secara leluasa melihat jam ini berpose pada waktu terang ataupun gelap, yaitu di sepanjang Jalan Laras Dt. Bandaro-jalan Soekarno Hatta-Jalan Dr. A. Rivai-Jalan Jenderal Sudirman.
Jika menengadah melihat puncak Jam Gadang pada waktu pagi hingga sore hari, kemegahannya tampak sempurna dengan didukung oleh latar belakang langit yang biru. Sedangkan pada waktu malam, temaram lampu taman yang berwarna kuning membuat taman ini tampak eksotik dan romantis. Pantang meninggalkan kawasan Jam Gadang tanpa foto.
sumber: kaskus.us
https://sites.google.com/site/sejarahjamgadangbukittinggi/

Joglo

RumahJoglo 


RumahJoglo adalah rumah adat masyarakat Jawa. Bagian-bagian joglo yaitu :
  1. pendapa.
  2. pringgitan.
  3. dalem.
  4. sentong.
  5. gandok tengen.
  6. gandok kiwo.
Bagian pendapa adalah bagian paling depan Joglo yang mempunyai ruangan luas tanpa sekat-sekat, biasanya digunakan sebagai tempat pertemuan untuk acara besar bagi penghuninya. Seperti acara pagelaran wayang kulit, tari, gamelan dan yang lain. Pada waktu ada acara syukuran biasanya sebagai tempat tamu besar. Pendopo biasanya terdapat soko guru, soko pengerek, dan tumpang sari.
Bagian Pringgitan adalah bagian penghubung antara pendopo dan rumah dalem. Bagian ini dengan pendopo biasanya di batasi dengan seketsel dan dengan dalem dibatasi dengan gebyok. Fungsi bagian pringgitan biasanya sebagai ruang tamu.
Bagian Dalem adalah bagian tempat bersantai keluarga. Bagian ruangan yang bersifat lebih privasi.


sumberhttp://id.wikipedia.org/wiki/Joglo

Rumah Adat Betawi

Rumah Adat Betawi 

 

Rumah adat Betawi terdapat 2  jenis:

1. Rumah Bapang atau sering disebut rumah kebaya

Ciri khas rumah ini adalah teras rumahnya yang luas disanalah ruang tamu dan bale tempat santai pemilik rumah berada, semi terbuka hanya di batasi pagar setinggi 80 cm dan biasanya lantainya lebih tinggi dari permukaan tanah dan terdapat tangga terbuat dari batubata di semen paling banyak 3 anak tangga. Depan dan sekeliling rumah adalah halaman rumah yang luas baru pagar paling luar dari rumah tersebut. Bentuknya sederhana dan terbuat dari kayu dengan ukiran khas betawi dengan bentuk rumah kotak ( dibangun diatas tanah berbetuk kotak). Rumah Bapang terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur, kamar mandi, dapur dan teras extra luas.

 

2. Rumah Gudang.

 sudah bisa di tebak dari namanya, Rumah adat betawi yang ini berdiri di atas tanah yang berbentuk persegi panjang, rumahnya memanjang depan ke belakang. Atap rumahnya tampak seperti pelana kuda atau perisai, dan di bagian muka rumah terdapat atap kecil.

 Rumah Betawi berstruktur rangka kayu atau bambu, sementara alasnya berupa tanah dan di tekel atau di semen. Keunikannya dan ciri khas dari rumah betawi terletak pada lisplank rumah ini adalah terbuat dari material kayu papan yang diukir dengan ornamen segitiga berjajar yang diberi nama ’gigi balang’ khas banget betawinya. Di bagian tengah dari rumah tersebut di pakai sebagai ruang tinggal di dalamnya ada kamar tidur, ruang makan, dapur dan kamar mandi dibatasi dinding kayu tertutup dan beberapa jendela untuk ventilasi udara, di luarnya merupakan terasi-teras terbuka yang dikelilingi pagar karawang rendah yang juga bermaterialkan kayu, genteng untuk atab rumah bermaterialkan tanah. Dinding bagian depan dari rumah ini biasanya bersistem knock down atau bisa di bongkar pasang berguna jika pemilik rumah menyelenggarakan hajatan yang membutuhkan ruang lebih luas.


sumber
http://adewaych.blogspot.com/p/rumah-adat-betawi.html


 

Puasa


Puasa

Puasa adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu. Puasa mutlak biasanya didefinisikan sebagai berpantang dari semua makanan dan cairan untuk periode tertentu, biasanya satu hari (24 jam), atau beberapa hari. Puasa lain mungkin hanya membatasi sebagian, membatasi makanan tertentu atau zat. Praktik puasa dapat menghalangi aktivitas seksual dan lainnya serta makanan. Puasa, sering dilakukan dalam rangka menunaikan ibadah, juga dilakukan di luar kewajiban ibadah untuk meningkatkan kualitas hidup spiritual seseorang yang melakukannya. Hal semacam ini sering ditemukan dalam diri pertapa.

Puasa dalam Islam

Dalam islam, puasa (disebut juga Shaum) yang bersifat wajib dilakukan pada bulan Ramadan selama satu bulan penuh dan ditutup dengan Hari Raya Lebaran, menahan diri dari makan dan minum dan dari segala perbuatan yang boleh membatalkan puasa seperti perbuatan-perbuatan yang tidak baik termasuk dalam perkataan, tidak bertengkar, menjaga pola pikir, hawa nafsu, dan juga untuk melatih kesabaran, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat. Sesuai perintah dalam kitab suci umat islam Al Quran puasa juga menolong menanam sikap yang baik. Dan kesemuanya itu diharapkan berlanjut ke bulan-bulan berikutnya, dan tidak hanya pada bulan puasa.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Puasa